Smartphone ber-layar lipat

Smartphone ( ponsel pintar ) adalah senuah telepon mobile yang dibangun dengan sistem operasi komputer, nemiliki kemampuan kalkulasi canggih berserta konektifitas membuatnya lebih dari sekedar telepon.

perangkat smartphone ini mengkombinasikan banyak sekali fitur mulai dari media player untuk kebutuhan hiburan kita, kamera untuk menjepret momen dan merekam video yang sudah sangat bagus, ada unit navigasi seperti GPS yang ditambahkan untuk menghadirkan sebuah perangkat multi guna, sedangkan untuk akses data kecepatan tinggi disediakan oleh koneksi WI-FI dan mobile broadband,untuk perangkat lunaknya sendiri pada umumnya ada dua yang cukup populer di dunia yaitu Android milik Google dan IOS-nya Apple.

Seperti yang kita ketahui Smartphone moderen saat ini menyertakan layar sentuh beresolusi tinggi untuk menampilkan konten yang kita lihat, saat ini banyak sekali para vendor smartphone berlomba-lomba membuat layar dengan sebaik mungkin. mulai dari Samsung dengan layar Super Amoled-nya , Apple dengan layar Super retina XDR-nya dengan basis manufaktur layar Amoled Samsung dan beberapa pabrikan Smartphone China seperti Xiaomi,Oppo,Vivo dan lainnya yang menggunakan tipe layar Ips,Tft,oled dan sebagainya.

Foto Artikel : Cek "Smartphone" Anda Apakah Termasuk yang Memiliki ...
beberapa tipe Smarthpone berlayar sentuh


seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat. Para vendor vendor smartphone menawarkan teknologi terbaru mereka khususnya disektor layar, mereka menawarkan kita sebuah perangkat smarphone berlayar lipat. Smartphone atau ponsel ini adalah teknologi yang mutakhir untuk saat ini. Hal ini dikarenakan kemampuan layar lipatnya yang dapat dilipat sehingga membuat banyak orang menerka-nerka dan penasaran,"apakah ini teknologi yang sering kita lihat di film Sci-fi akan menjadi kenyataan dan bagaimana bentuknya nanti jika smartphone tersebut jika benar dibuat?"

Kini, Teknologi mulai berkembang dari ponsel lipat atau ponsel flip dari era 1990-an dan 2000-an yang masih membutuhkan engsel pemisah, kini sudah tidak perlu hal ini dapat terjadi karena teknologi layar fleksibel. Ponsel layar lipat memiliki kemampuan layar Oled yang fleksibel,terbuat dari layar polimer dan komponen khusus yang memungkinkan layar ponsel dapat dilipat. 

Untuk saat ini bisa kita lihat bahwa smartphone berlayar lipat benar-benar sudah hadir didunia, beberapa smartphone sudah ada dipasarkan dan beberapa lainya masih dalam tahap produksi massal. sebagai generasi pertama tentu saja akan ada banyak kekurangan serta memiliki harga yang sangat mahal, seperti kasus saat boomingnya generasi smartphone.

ponsel layar lipat generasi pertama dirilis pada tahun 2020 diantaranya ada Huawei Mate X, Samsung Galaxy fold, Samsung Galaxy Flip dan Motorola Razr, dari keempat model smartphone layar lipat tersebut menurut banyak orang Huawei Mate X lah yang terbaik dan harganya pun lebih tinggi dari Samsung Galaxy Fold. Harga Samsung Galaxy Fold dibanderol dengan harga sekitar US$1.980 atau setara Rp28 juta, sedangkan untuk Huawei Mate X harganya kisaran US$2.600 atau berkisar di angka 37 jutaan. 

Spesifikasi Samsung Galaxy Fold vs Huawei Mate X
Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X
 
Meski harga yang ditawarkan cukup tinggi, bukan tidak mungkin akan hadir ponsel lipat dengan harga terjangkau. Karena ponsel ini akan menjadi ponsel masa depan yang akan menjamur ke seluruh dunia.

apakah akan ada teknologi baru untuk sektor ponsel genggam? Tentu saja, karena teknologi baru akan selalu terus hadir di dunia ini seiring dengan perkembangan zaman. (MA)

Komentar